30.9 C
Jakarta
Saturday, 22 January 2022

Teka-teki ‘Rumah Misterius’ di Bulan Terpecahkan, Apa itu?

Jakarta, CNBC Indonesia – Bulan lalu, kendaraan antariksa milik China, Yutu 2 menemukan obyek aneh di sisi jauh Bulan. Spekulasi merebak setelah itu dan ada yang menyatakan sebagai rumah tempat alien, benarkah?

Satu bulan berlalu, akhirnya obyek asing itu terjawab. Jawabannya, tidak spesial seperti yang dipikirkan karena obyek tersebut hanyalah batu, dikutip dari CNet, Selasa (11/1/2022).

Hal ini diungkapkan dari Andrew Jones, jurnalis meliput program antariksa China pada SpaceNews dan Space.com, yang memperbarui soal tim rover. Dia mengunggah kabar itu pada akun Twitternya, dan menyimpulkan kisah tersebut sebagai ‘sangat mengecewakan’.

Ternyata obyek yang dikira kubus itu merupakan batu kecil yang menggumpal dan berada di tepi kawah. Jika dilihat dari jarak jauh akan lebih misterius.

Namun setelah kendaraan antariksa mendekati obyek, maka sifat aslinya terungkap.

Dari gambar terlihat, batu tersebut berbentuk meringkuk dan mendapat julukan jade rabbit. Sebab bentuknya seperti kelinci yang sedang berjongkok dengan beberapa wortel di hadapannya.

Ada beberapa potongan kecil di bagian belakang batu dan terlihat seperti kotoran, menambah kesenangan dari temuan ini.

Nama kendaraan penjelajah Yutu 2 yang diterjemahkan menjadi Jade Rabbit, menjadikannya seperti menemukan maskot sendiri di Bulan.

Sebagai informasi, Yutu 2 merupakan bagian dari misi Chang’e 4 oleh Badan Antariksa Nasional China. Kendaraan tersebut mendarat tahun 2019 dan melakukan eksplorasi pada sisi jauh Bulan.

Yutu 2 bekerja menggunakan tenaga surya, tak heran secara berkala melakukan hibernasi hingga Matahari terbit. Jadi itu juga yang menyebabkan butuh waktu cukup lama untuk mendekati obyek aneh temuannya tersebut.

Bukan kali ini saja ada temuan obyek asing di luar angkasa. Beberapa waktu lalu juga ada benda mirip seperti sendok dan wajah di Mars.

[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)



Sumber : www.cnbcindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER