25.9 C
Jakarta
Wednesday, 26 January 2022

Syarat dan Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Jakarta, CNBC Indonesia – Kamu mungkin sering melihat beberapa akun yang punya centang biru. Biasanya ini didapatkan oleh orang terkenal hingga artis atau influencer.

Centang biru ini menandakan akun tersebut mendapatkan verifikasi dan resmi. Ini diberikan Instagram biasanya pada orang tertentu karena mengundang pengguna lain untuk membuat akun palsu. Dengan hadirnya akun bercentang biru, maka bisa membedakan dengan akun-akun palsu lain.

Untuk sebuah akun mendapatkan centang biru bukanlah hal yang mudah. Kamu mungkin bisa mencobanya dengan memenuhi syarat tertentu.

Instagram membuat pertimbangan sebuah akun diberikan centang biru. Yaitu dengan mempertimbangkan sejumlah faktor untuk mengevaluasi akun itu, termasuk mematuhi ketentuan penggunaan dan pedoman komunitas dari Instagram.

Ini syarat Instagram untuk pengguna memiliki akun resmi:

1. Akun Autentik
Untuk mendapatkan centang biru adalah akun asli, original, mewakili seseorang, akun bisnis, mewakili brand, komunitas atau entitas terdaftar asli. Jadi akun terverifikasi akan diberikan pada pemilik akun asli.

2. Unik
Akun harus mewakili orang atau bisnis tertentu dengan unik untuk mendapatkan verifikasi. Jadi satu akun per orang atau satu bisnis yang diverifikasi, kecuali jika kamu punya akun yang sama dengan bahasa berbeda.

Harus diingat jika Instagram tak akan memberikan verifikasi akun dengan tema minat secara umum, misalnya meme dan komed.

3. Identitas Akun Lengkap
Pemilik akun harus melengkapi identitas yang diminta. Mulai dari yang ada pada aplikasi atau yang tidak.

Data seperti bio, foto profil, akun bersifat publik atau tidak dikunci, mengisi informasi kontak, website dan data lain juga harus diisi.

4. User Akun Terkenal
Instagram akan memberikan centang biru pada individu yang kemungkinan akunnya bisa dipalsukan, banyak dicari, dan memiliki followers yang banyak.

Cara Mengaktifkan Centang Biru
Jika sudah memenuhi syarat, maka coba ajukan centang biru ke pihak Instagram. Proses pengajuan ini bersifat gratis.

Saat centang biru diberikan maka akun Facebook yang terhubung akan ikut terverifikasi dan juga sebaliknya.

Perlu diingat juga ada proses 30 hari bagi Instagram untuk melakukan tinjauan permintaan pemberian centang biru. Jadi tidak semua yang mengajukan akan langsung dikabulkan oleh Instagram.

Namun jika tidak diterima permintaannya, kamu bisa mengajukan permintaan lagi setelah 30 hari.

Berikut ini langkah mengajukan permintaan centang biru:
1. Buka aplikasi Instagram
2. Masuk ke bagian profil
3. Klik ikon garis tiga di bagian atas kanan
4. Klik Pengaturan
5. Berikutnya tekan Akun
6. Pilih opsi Minta Verifikasi
7. Kamu harus melengkapi informasi seperti nama lengkap. Selain itu juga harus melampirkan bukti identifikasi yang diperlukan
8. Berikutnya ikuti instruksi dari Instagram
9. Tunggu proses peninjauan selesai
10. Jika disetujui maka akan ada pemberitahuan langsung. Akun juga akan ditambahkan tanda centang biru.

[Gambas:Video CNBC]

(npb/npb)



Sumber : www.cnbcindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER