25.9 C
Jakarta
Wednesday, 26 January 2022

Ralali Gelar Webinar UKM Indonesia Outlook 2022

Suara.com – Memasuki akhir tahun 2021, membuat para pengusaha UKM perlu memahami bagaimana strategi yang paling tepat dalam menghadapi peta tantangan berbisnis di 2022 mendatang.

Setelah mengalami kontraksi ekonomi akibat merebaknya pandemi Covid-19 lebih dari setahun ke belakang, perekonomian Indonesia diharapkan dapat kembali bangkit. Langkah strategis mengambil peluang tahun depan diperlukan untuk mewujudkan stabilitas roda perekonomian Indonesia.

Eksistensi UKM Indonesia menjadi sebuah kunci utama untuk dapat berkontribusi dalam salah satu upaya pemerintah mensukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Diperlukan solusi bisnis berbasis teknologi yang dapat meningkatkan serta memperluas jangkauan pemasaran produk UKM melalui platform digital.

Sebagai platform B2B marketplace, Ralali.com memiliki fokus utama dalam memberdayakan UKM Indonesia dengan berikan solusi berbisnis. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, Ralali.com menyelenggarakan acara perdana Webinar UKM Outlook 2022 dengan mengusung tema “Laju Bisnisku, Maju Indonesiaku”.

Baca Juga:
Asiavesta Academy, Ajang Mentoring Bagi UKM Menjadi Korporasi

Kemarin (23/12), UKM Outlook 2022 dihadiri oleh berbagai keynote speaker dari stakeholders ekosistem UKM, diantaranya Boni Suganda (Kabid Jaringan Pemasaran Usaha Mikro Kemenkop UKM), Daniel Asnur (Sekretaris Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM), Bandoe Widiarto (Direktur Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia), Dr. Jacky Musry (President Indonesia Council for Small Business), Budiman Goh (President Aruna Indonesia), Dr. Anton Hendranata (Direktur Riset BRI Research Institute), Erwin Yunaz (Wakil Walikota Payakumbuh), Dico M Ganinduto (Bupati Kendal), dan M. Riyansyah (Regional Sales Head Shipper.id).

“Ralali.com berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata bagi para pengusaha UKM Indonesia dengan menyelenggarakan acara perdana UKM Outlook 2022 dengan mengusung tema “Laju Bisnisku, Maju Indonesiaku”. Kami secara perdana berinisiatif untuk memberikan tinjauan terbaik bagi para pengusaha UKM Indonesia dalam menghadapi tantangan bisnis di tahun 2022 mendatang, dan memberikan solusi dan strategi yang tepat untuk mempersiapkan para pelaku UKM memasuki pasar digital”, ungkap Joseph Aditya selaku CEO dan Founder Ralali.com saat membuka acara UKM Outlook 2022 ditulis Jumat (24/12/2021).

Pada kesempatan kali ini, Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. selaku Gubernur Provinsi Jawa Barat juga memberikan pidato singkat yang berisi pesan kepada para pengusaha UKM dan juga stakeholder terkait untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dalam mewujudkan adopsi digital serta memajukan kesejahteraan UKM Indonesia khususnya menyambut tantangan 2022.

“Oleh karena itu, kami mendorong dan mengucapkan terima kasih kepada Ralali.com yang terus berupaya membantu meningkatkan adopsi digital secara cepat dan menjadi sumber referensi bagi ekonomi UMKM yang ingin meningkatkan kemajuan ekonomi digitalnya”, ujar Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. selaku Gubernur Provinsi Jawa Barat dalam pidato singkatnya.

Diskusi nasional dalam UKM Outlook 2022 ini membahas mengenai kebijakan dan daya saing UKM serta potensi dan peluang UKM di Indonesia. Paparan materi yang diberikan diharapkan dapat membuka wawasan para pengusaha UKM untuk taklukan peta tantangan berbisnis. Adaptasi, transformasi, entrepreneurship, serta kolaborasi menjadi kunci pergerakan UMKM untuk dapat bertahan menghadapi tantangan di era disrupsi. Digitalisasi menjadi media akselerasi pertumbuhan UMKM Indonesia.

Baca Juga:
Perempuan Berperan Penting untuk UKM, Ninja Xpress Fasilitasi Melalui CSR Siap Bantu Ibu

“Pada masa depan UMKM Indonesia adalah pelaku usaha yang memiliki jiwa entrepreneurship berbasis digital. Hal ini tidak mudah, tantangan yang dihadapi UMKM terutama datang dari sisi produk maupun SDM. Selain itu, upaya untuk meningkatkan literasi manfaat masuk ke ekosistem digital dan inkubasi untuk mengakselerasi kesiapan UMKM perlu dilakukan secara intensif. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan sinergitas dan kolaborasi antar stakeholder. Dengan begitu, peran Ralali.com sangat strategis untuk mendukung pengembangan UMKM berbasis digital dengan memberikan akses informasi dan literasi digital, serta transfer teknologi bagi para pelaku UMKM agar dapat terhubung dalam ekosistem digital” jelas Boni Suganda selaku Kabid Jaringan Pemasaran Usaha Mikro Kemenkop UKM.


Sumber : www.suara.com

Related Articles

TERPOPULER