30.9 C
Jakarta
Saturday, 22 January 2022

Olahraga Tingkatkan Kesehatan Otak, Cegah Demensia

Jakarta, CNN Indonesia

Olahraga tak hanya baik untuk kebugaran dan kesehatan fisik. Studi terbaru menunjukkan olahraga dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah demensia. Demensia adalah penyakit yang membuat seseorang mengalami penurunan fungsi kognitif seperti daya ingat, bahasa, dan memori.

Penelitian yang dipublikasikan di Alzheimer’s & Dementia: The Journal of the Alzheimer’s Association ini menganalisis perubahan otak pada orang yang berusia 70-80 tahun. Peneliti membandingkan perubahan otak itu dengan aktivitas yang dijalani para lansia.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa orang yang lebih banyak bergerak memiliki protein yang lebih protektif di otak.

“Semakin banyak aktivitas fisik, semakin tinggi kadar protein sinaptik di jaringan otak. Ini menunjukkan bahwa setiap gerakan penting untuk kesehatan otak,” kata peneliti Kaitlin Casaletto, dikutip dari CNN.

Protein sipnatik ini berperan penting dalam cara berpikir dan pembentukan serta penyimpanan memori. Protein sipnatik yang baik di masa muda dapat mencegah demensia dan Alzheimer di hari tua.

Peneliti juga menemukan bahwa manfaat olahraga baik pada orang yang sudah memiliki tanda Alzheimer atau demensia.

“Beberapa penelitian sebelumnya secara konsisten menunjukkan … tingkat yang lebih tinggi dari protein sinaptik yang sama dalam jaringan otak berhubungan dengan kinerja kognitif yang lebih baik, terlepas dari plak dan kusut,” kata Casaletto.

Peneliti pun menyarankan agar setiap orang di semua usia untuk mulai berolahraga karena memiliki manfaat yang nyata. Olahraga baik untuk kesehatan otak dan mencegah berbagai penyakit otak.

“Kami merekomendasikan untuk melakukan aktivitas fisik 150 menit/minggu. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bahkan berjalan kaki berhubungan dengan penurunan risiko penurunan kognitif,” kata Casaletto.

(ptj)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : www.cnnindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER