26.7 C
Jakarta
Wednesday, 26 January 2022

Libur Nataru, Kemenkes Minta Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

Jakarta, CNBC Indonesia – Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Kementerian Kesehatan meminta masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan. Dengan begitu bisa mencegah penyebaran Covid-19 saat libur panjang ini.

“Saat ini kita sudah memasuki libur panjang Natal dan Tahun Baru, mungkin banyak masyarakat melakukan perjalanan baik mudik dan liburan. Kami mengimbau tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi, Jumat (24/12/2021).

Akan ada persyaratan untuk mobilitas masyarakat pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Yakni hanya mereka yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin yang bisa melakukan perjalanan.

Dia mengatakan gelombang tiga dampak dari banyaknya mobilitas dan interaksi antar masyarakat. Untuk itu, Siti Nadia mengingatkan masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi.

“Pastikan orang-orang di sekitar kita sudah mendapatkan vaksinasi, terutama kelompok rentan yaitu lansia, ibu hamil, orang dengan penyakit penyerta dan anak-anak,” jelasnya.

Mobilitas masyarakat di berbagai wilayah tanah air juga terpantau meningkat. Misalnya mobilitas di Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua melebihi sebelum pandemi berlangsung.

Sementara Jawa-Bali, meski kenaikannya belum melebih pra-pandemi, juga mengalami peningkatan. Ini terjadi dari awal Desember hingga sekarang.

“Pemerintah selalu melakukan upaya mitigasi risiko penularan, terutama yang dipengaruhi oleh pergerakan masyarakat selama akhir Natal dan Tahun Baru,” kata Siti Nadia.

“Seluruh masyarakat dan bagi para pelaku perjalanan, juga pengelola tempat publik memastikan dan mematuhi protokol kesehatan dan selalu khususnya individu memantau kesehatan diri sendiri dan keluarga kita”.

[Gambas:Video CNBC]

(npb/npb)



Sumber : www.cnbcindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER