30.9 C
Jakarta
Saturday, 22 January 2022

Kominfo Minta Operator Seluler Matikan 3G, Ini Penjelasannya

Jakarta, CNBC Indonesia – Beberapa hari lalu, Menteri Kominfo Johnny Plate sempat melontarkan permintaan menghapus 3G kepada operator tanah air. Untuk melaksanakan hal itu, Kementerian Kominfo sedang mengkaji lebih mendalam lagi.

“Terkait penghapusan 3G. Untuk kebijakan ini Kominfo sedang melakukan kajian yang mendalam terkait dengan mekanisme fade-out atau penghapusan 3G di tengah-tengah masyarakat,” jelas Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi, di kantor Kominfo, Jakarta, Kamis (30/12/2021).

Dia mengatakan satu hal yang jadi perhatian memastikan wilayah sudah ada jaringan 4G. Dengan begitu penghapusan 3G bisa dilakukan. Berikutnya adalah kepentingan masyarakat secara umum. Mekanisme yang ditetapkan harus tidak merugikan masyarakat pengguna seluler.

“Jadi dengan dua prinsip itu kita sedang mengkaji secara mendalam penghapusan sinyal 3G,” ungkapnya.

Semua hal terkait penghapusan 3G, Dedy mengatakan menunggu hasil kajian yang dilakukan tim internal Kementerian Kominfo. Termasuk tenggat waktu untuk menghapus jaringan 3G tersebut.

“Deadline penghapusan 3G menunggu hasil kajian dari tim internal di Kominfo. Hasil kajian itulah yang akan menentukan eksekusi kebijakan ini akan dilakukan. Sifatnya seperti apa? Itu tergantung hasil kajian,” kata Dedy.

Sebelumnya, Johnny mengatakan 4G menjadi tulang punggung telekomunikasi. Secara bertahap meminta operator seluler menghapus 3G. Dia juga beralasan kenapa bukan 2G, sebab jaringan itu terkait untuk komunikasi suara. Untuk 3G adalah komunikasi data, yang saat ini lebih lambat dari 4G.

Johnny menambahkan jangan sampai kaget jika komunikasi berkecepatan tinggi hadir di wilayah 3T. Sebagian wilayah komersial yang sebelumnya menggunakan jaringan 3G punya biaya layanan lebih murah.

“Secara bertahap agar fade out 3G digantikan 4G. Kami juga tidak menunggu 3G selesai di fade out [operator seluler] melalui Bakti (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika) Kominfo juga akan melakukan pembangunan BTS 4G di wilayah 3T,” jelas Johnny.

[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)



Sumber : www.cnbcindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER