25.9 C
Jakarta
Wednesday, 26 January 2022

Ilmuwan Temukan Organ Baru di Tubuh Manusia, Begini Wujudnya

Jakarta, CNBC Indonesia – Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan bagian tubuh yang belum pernah dikenali sebelumnya. Bagian tubuh ini berada di bagian dalam wajah.

Bagian tersebut diketahui adalah lapisan otot dalam masseter, organ yang mengangkat rahang bawah dan sangat penting untuk mengunyah. Otot masseter memiliki dua lapisan yakni dalam dan dangkal.

Hal ini terungkap dalam sebuah studi yang yang diterbitkan pada 2 Desember lalu pada sebuah jurnal ilmiah, seperti dikutip CNBC Indonesia, Minggu (26/12/2021).

“Beberapa teks sejarah menyebutkan kemungkinan adanya lapisan ketiga juga, tetapi mereka sangat tidak konsisten dengan posisinya.” tulis laporan dalam jurnal tersebut, dikutip Livescience.

Para ilmuwan lantas memeriksa apakah otot rahangyang menonjol memiliki lapisan super dalam yang tersembunyi, seperti yang disarankan melalui teks sejarah.




Foto: Para Ilmuwan berhasil menemukan bagian tubuh baru yang belum pernah diketahui sebelumnya. Bagian tubuh ini penting untuk mengunyah (tangkapan layar web eurekalert.org)
Para Ilmuwan berhasil menemukan bagian tubuh baru yang belum pernah diketahui sebelumnya. Bagian tubuh ini penting untuk mengunyah (tangkapan layar web eurekalert.org)

Mereka membedah 12 kepala mayat manusia yang diawetkan dalam formaldehida dan mengambil CT scan dari 16 mayat ‘segar’ serta meninjau scan MRI dari subjek yang hidup.

Kemudian, mereka mengidentifikasi lapisan ketiga otot masseter yang berbeda secara anatomis. Lapisan yang dalam ini membentang dari proses zygomatic proyeksi tulang yang membentuk bagian dari tulang pipi.

Selain itu, ini bisa dirasakan tepat di depan telinga hingga proses coronoid proyeksi segitiga pada tulang rahang bawah.

“Bagian dalam otot masseter ini jelas dapat dibedakan dari dua lapisan lainnya dalam hal jalur dan fungsinya,” kata Szilivia Mezey, penulis pertama penemuan tersebut.

Dalam jurnal tersebut, para ilmuwan mengusulkan agar lapisan otot yang baru ditemukan diberi nama “Musculus masseter pars coronidea” yang berarti “bagian koronoid dari masseter”.

[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)



Sumber : www.cnbcindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER