26.7 C
Jakarta
Wednesday, 26 January 2022

Benarkah Feng Shui Bonsai Bawa Cuan dan Keberuntungan?

Jakarta, CNN Indonesia

Bonsai termasuk tanaman yang banyak disukai orang. Hanya saja tak semua orang bisa memilikinya lantaran harga yang mahal.

Tak cuma itu, tanaman ini juga dipercaya membawa banyak keberuntungan, kekayaan, dan energi yang baik dalam feng shui. Namun apa kata feng shui soal bonsai?

Bonsai mengacu pada cara tanaman tumbuh dan dipelihara, bukan spesies itu sendiri. Banyak jenis tanaman yang berbeda bisa menjadi pohon bonsai. Beberapa pilihan umum adalah jeruk, juniper, dan pohon ara.

Kata bonsai diterjemahkan menjadi penanaman baki dalam bahasa Jepang, atau pohon dalam pot. Mengutip The Spruce, feng shui memiliki tujuan untuk menghubungkan manusia dengan siklus alam. Salah satu caranya adalah dengan membawa simbol dan elemen alam ke dalam rumah. Pohon khususnya terhubung ke elemen kayu, yang mewakili kebaikan dan pertumbuhan.

Pohon juga terhubung dengan kelimpahan, karena buah dari pohon yang tumbuh penuh dan sehat dapat memberikan makanan bagi banyak orang dan hewan.

Berbeda dengan tanaman hias lainnya, bonsai membutuhkan dedikasi dan kesabaran manusia untuk merawat dan membentuknya. Yang perlu diingat, bonsai juga bukan tanaman kerdil, tanaman ini terus tumbuh dan hidup namun dipelihara oleh si empunya agar tetap indah dalam ukuran kecil.

Metafora ini, pohon yang besar dijaga agar tetap kecil ini membuat bonsai secara feng shui tak cocok untuk penghuni rumah. Misalnya saja, bonsai tak ideal diletakkan di kamar anak-anak karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan.

Demikian juga jika Anda sedang berada berusaha untuk mengembangkan hidup dan juga bisnis Anda, bonsai bukan pilihan tanaman hias yang cocok buat Anda.

Namun apakah ini berarti tak boleh punya bonsai di rumah? Bukan begitu, sah-sah saja untuk punya bonsai di rumah, selama bonsai ini jadi benda dekorasi (hiasan) dan bukan peruntungan feng shui.

Merawat bonsai sebenarnya juga bisa membantu seseorang untuk jadi lebih terstruktur dan disiplin. Selain itu, jika Anda ingin bekerja dengan tanaman bonsai, carilah tanaman yang telah dibudidayakan dengan cinta dan perhatian, bukan dengan rasa sakit.

Salah satu pandangan feng shui tentang pohon bonsai adalah sebagai konsentrasi energi restoratif, jadi Anda harus memperhatikan jenis energi yang Anda bawa dengan tanaman ini. Tumbuhan, seperti makhluk hidup dan objek lainnya, menyimpan kenangan, dan setiap kali kita membawa sesuatu ke rumah kita yang telah dirawat oleh orang lain, kita juga membawa energi dari hubungan itu.

(chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : www.cnnindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER