26.7 C
Jakarta
Wednesday, 26 January 2022

8 Rekomendasi Bahan Skincare untuk Pria Berjerawat

, CNN Indonesia

Jerawat bukan saja masalah kulit yang dialami perempuan saja, melainkan juga pria. Untuk mengatasinya ada beberapa rekomendasi bahan skincare atau perawatan kulit untuk pria berjerawat.

Problem jerawat akan muncul ketika minyak dan sel kulit mati mengisi pori-pori. Secara anatomis, dikutip dari laman Medical Daily, kulit pria lebih berminyak dan lebih rentan terhadap jerawat lantaran pori-pori yang lebih besar.

Meski jarang dibahas, pria juga perlu merawat kulit dengan baik. Rekomendasi awal untuk pria yang berjerawat adalah mengingatkan mereka agar menghindari pembersih berbahan krim yang berat.

Pria dengan kulit berjerawat juga disarankan rajin membersihkan muka dengan sabun yang memang diperuntukkan untuk mengurangi jerawat dan membantu pengelupasan kulit secara lembut.

Selain itu, pria juga perlu memperhatikan bahan aktif yang terkandung dalam produk perawatan kulit yang digunakan. Berikut sejumlah bahan skincare untuk pria berjerawat.

Bahan Skincare untuk Pria Berjerawat




Pria juga perlu merawat kulit wajah untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Berikut rekomendasi bahan skincare untuk pria berjerawat. (Ilustrasi Foto: iStock/Peopleimages)

1. Benzoil peroksida

Bahan aktif benzoil peroksida mampu merangsang tindakan pengelupasan yang dapat mencegah kemunculan jerawat.

Anda mungkin pernah menggunakan peroksida untuk merawat luka maupun goresan saat masih anak-anak. Cara kerjanya ini hampir sama dengan produk perawatan wajah.

2. Niacinamide

Niacinamide yang mungkin juga tercantum sebagai vitamin B3 dalam produk perawatan kulit Anda berfungsi menyerap kelebihan sebum atau zat yang menjadi makanan bakteri jerawat.

Pertumbuhan berlebih bakteri jerawat tersebut akan mengganggu keseimbangan kulit yang halus, membatasi pertumbuhan bakteri yang sehat serta menguntungkan, dan menyebabkan pelbagai gejala jerawat termasuk komedo.

Selain itu, niacinamide mampu merangsang produksi kolagen alami tubuh sehingga meningkatkan elastisitas kulit serta membuat tampak lebih muda.

3. Asam salisilat

Asam salisilat dapat membantu mengurangi peradangan, termasuk akibat jerawat Jika Anda menderita jerawat ringan, dikutip dari laman Mens XP, asam salisilat menjadi bahan wajib yang harus masuk dalam rangkaian skincare Anda.

Bahan aktif ini secara alami terdapat dalam kopi dan ubi jalar. Cari bahan aktif jenis ini dalam produk pencuci wajah yang akan Anda pakai.

4. Tea trea




tea tree oilTea tree merupakan bahan skincare untuk pria berjerawat (Foto: iStockphoto/Artfully79)

Jika kondisi kulit sensitif menjadi penyebab munculnya jerawat pada wajah Anda, tea tree adalah bahan terbaik yang bisa jadi jawabannya. Ekstrak tea tree atau pohon teh memiliki sifat antiinflamasi yang mampu menenangkan kulit.

Bahan ini juga akan membantu menjaga tingkat kelembapan kulit dan memelihara bagian dalam agar tetap segar.

5. Retinol

Bahan aktif ini merupakan turunan dari vitamin A. Retinol merupakan bahan lain yang dapat membentuk kolagen, yang memberi efek mengencangkan kulit dan membuat pori-pori lebih rapat sehingga produksi minyak lebih terkontrol.

6. Azelaic acid

Senyawa alami berupa asam azelaic ini memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Bahan skincare untuk pria berjerawat ini juga membantu mencegah penumpukan keratin, semacam proten yang dapat menyumbat pori-pori.

7. Vitamin C

Secara resmi, Vitamin C dikenal sebagai asam askorbat. Bahan ini merupakan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Vitamin C dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada kulit berjerawat.

8. Adapalene




Beautiful young man getting ready in the morningAdapalene adalah kandungan skincare untuk pria berjerawat (Foto: istockphoto/supersizer)

Adapalene adalah retinoid topikal yang digunakan untuk mengobati jerawat. Retinoid, merupakan produk berbasis Vitamin A yang paling dikenal untuk merawat kulit yang menua. Sementara adapalene akan membantu mencegah munculnya jerawat baru dan membuka pori-pori yang tersumbat.

Dikutip dari laman kesehatan Web MD, adapalene sebagai bahan yang biasa ada dalam produk skincare untuk pria berjerawat ini tersedia dalam pelbagai bentuk dan tingkat.

Gel 0,1 persen dapat ditemukan untuk produk perawatan kulit yang dijual bebas, sementara untuk lotion krim 0,1 persen dan gel 0,3 persen harus menggunakan resep.

(nma)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : www.cnnindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER