25.9 C
Jakarta
Wednesday, 26 January 2022

8 Makanan Pelancar ASI yang Bernutrisi Tinggi

Jakarta, CNN Indonesia —

Produksi ASI yang rendah kerap jadi persoalan yang dijumpai ibu menyusui. Agar produksi ASI meningkat, ibu menyusui bisa mengonsumsi sejumlah makanan pelancar ASI.

Makanan pelancar ASI ini membantu tubuh meningkatkan produksi ASI untuk memenuhi kebutuhan bayi. Selain itu, makanan ini juga membuat ASI bernutrisi tinggi sehingga dapat mendukung pertumbuhan optimal anak.

Setiap ibu direkomendasikan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan bersama dengan makanan pendamping ASI hingga 2 tahun.

Berikut makanan pelancar ASI:

1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian untuk dapat memacu hormon untuk memproduksi ASI. Ibu menyusui disarankan mengonsumsi banyak biji-bijian utuh seperti gandum dan oatmal.

2. Sayuran berdaun hijau




Makanan pelancar ASI salah satunya adalah sayuran berdaun hijau. (Foto: iStockphoto)

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, selada, dan brokoli juga dapat melancarkan ASI. Dikutip dari Very Well Family, sayuran berdaun hijau mengandung fitoestrogen yang memiliki efek positif pada produksi ASI.

3. Bawang putih

Bawang putih dianggap sebagai galactagogue yang membantu produksi ASI lebih banyak. Masukkan bawang putih dalam masakan atau makanan Anda.

4. Buncis

Beberapa catatan menunjukkan buncis digunakan sejak zaman Mesir Kuno untuk meningkatkan produksi ASI. Buncis mengandung estrogen yang dapat membuat produksi ASI lebih optimal.

5. Biji wijen

Biji wijen kaya akan kalsium yang baik untuk ibu menyusui. Selain itu, biji wijen dapat memacu estrogen sehingga membuat produksi ASI semakin lancar.

6. Almond

Kacang almond terutama yang mentah tinggi akan protein dan kalsium. Kandungan ini baik untuk produksi ASI. Selain itu, konsumsi susu almond juga dikaitkan dengan ASI yang lebih banyak.

7. Jahe

Sejumlah penelitian juga menunjukkan jahe baik untuk produksi ASI. Jahe dapat dikonsumsi dengan dijadikan teh.

8. Daging tinggi protein

Daging tanpa lemak dan juga daging unggas merupakan sumber yang baik untuk zat besi. Kandungan ini bermanfaat untuk produksi ASI dan meningkatkan nutrisi dalam ASI.

Itulah 8 makanan pelancar ASI yang bernutrisi tinggi.

(ptj)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : www.cnnindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER