30.9 C
Jakarta
Saturday, 22 January 2022

7 Penyebab Kulit Kepala Gatal selain Ketombe

Jakarta, CNN Indonesia

Penyebab kulit kepala gatal tak hanya ketombe. Terdapat sejumlah alasan lain yang membuat kulit kepala gatal dan mesti digaruk.

Penyebab kulit kepala gatal ini dapat berupa pengaruh bahan kimia atau karena penyakit tertentu. Cek ke dokter jika kulit kepala gatal tak tertahankan dan tak kunjung membaik untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Berikut 7 penyebab kulit kepala gatal selain ketombe:

1. Residu produk perawatan rambut

Kulit kepala gatal bisa disebabkan residu dari produk perawatan rambut. Selain gatal, tidak jarang kulit kepala kering dan terkelupas menyerupai ketombe.

Oleh karena itu, bilas sampo, kondisioner maupun hair mask sampai bersih. Kemudian penggunaan kondisioner tidak perlu sampai pada kulit kepala karena berisiko menimbulkan tumpukan residu dan mengiritasi kulit kepala. Cek lagi cara penggunaan produk perawatan rambut sebab tidak semua bisa digunakan sampai pangkal rambut atau kulit kepala.

Selain itu, gatal pada kulit kepala juga bisa menjadi tanda kulit kepala tidak cocok akan suatu produk.

2. Reaksi alergi

Maria Hordinsky, profesor dan ahli dermatologi di University of Minnesota, mengatakan bahan pada beberapa produk sampo bisa memicu reaksi alergi.

“Alergennya sering berupa wewangian, atau zat pelembap yang disebut propylene glycol,” kata Hordinsky mengutip dari Women’s Health Magazine.

3. Psoriasis

Sekitar separuh orang dengan psoriasis memiliki psoriasis plak pada kulit kepala. Akibatnya, timbul bercak kemerahan, pengelupasan mirip ketombe, sisik putih keperakan, dan kulit kepala kering. Psoriasis kemudian memicu rasa gatal mulai dari gatal ringan hingga intens.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan produk perawatan yang sesuai.

Simak penyebab kulit kepala gatal lainnya di halaman berikut.

7 Penyebab Kulit Kepala Gatal selain Ketombe

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Sumber : www.cnnindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER