30.9 C
Jakarta
Saturday, 22 January 2022

7 Destinasi Wisata Rohani di Yogyakarta

Jakarta, CNN Indonesia —

Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta jadi salah satu tujuan wisata favorit para pelancong. Tak hanya menyajikan kekayaan alam dan budaya, Yogyakarta juga memiliki banyak tujuan wisata religi.

Berbagai destinasi wisata rohani di Yogyakarta ini bisa Anda sambangi dari ujung utara hingga selatan Kota Gudeg tersebut.

Ada banyak hal yang menjadi keunggulan wisata rohani jika dibandingkan dengan wisata alam yang jamak dilakukan oleh para traveler.

Selain bisa menyegarkan pikiran dan melepas penat, wisata rohani juga bisa menjadi penambah asupan kebutuhan spiritual yang tak didapat dari tujuan wisata pada umumnya.

Berikut ini 7 destinasi wisata rohani di Yogyakarta yang bisa Anda coba, dikutip dari berbagai sumber.

1. Gereja Ganjuran




Gereja Ganjuran, salah satu destinasi wisata rohani di Yogyakarta. (Okkisafire via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-4.0)

Gereja Ganjuran terletak di Jalan Ganjuran, Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta.

Bentuk dari Gereja Ganjuran ini tidak sama dengan gereja pada umumnya karena memiliki desain arsitektur yang sangat unik.

Gereja ini memiliki sebuah bangunan yang berbentuk seperti candi. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi umat Nasrani.

Menariknya lagi, Gereja Ganjuran terletak hanya sekitar 12 km atau sekira 20 menit perjalanan dari objek wisata Pantai Parangtritis.

2. Gua Maria Sendangsono




Gua Maria SendangsonoGua Maria Sendangsono, salah satu destinasi wisata rohani di Yogyakarta. (Nefrit Lazurit via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-4.0)

Sendangsono menggabungkan antara wisata rohani dengan pemandangan alam yang masih sangat asri.

Destinasi wisata yang terletak di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, DIY ini sangat bisa untuk melepaskan penat para pelancong.

Selain bukit Menoreh yang terhampar di sekitar Sendangsono, juga terdapat sebuah sungai yang semakin memanjakan mata.

3. Pura Jagatnatha

Bagi pemeluk agama Hindu jangan khawatir, Anda bisa mengunjungi Pura Jagatnatha untuk berwisata rohani kala bertandang ke Yogyakarta.

Pura Jagatnatha ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an silam dan digunakan oleh penduduk sekitar untuk melakukan peribadatan.

Salah satu pura terbesar di DI Yogyakarta ini terletak di Kabupaten Bantul.

4. Masjid Kotagede




YOGYAKARTA, INDONESIA - MAY 05, 2019: Gede Mataram Mosque Kotagede is a mosque that is considered to exist in Yogyakarta. This mosque was built in 1587 AD by Panembahan Senopati Sutowijaya.Masjid Kotagede, salah satu destinasi wisata rohani di Yogyakarta. (istockphoto/Zakaria Saputra)

Tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke Masjid Kotagede saat berlibur ke Yogyakarta.

Terletak di Jalan Watu Gilang, Kotagede, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, masjid ini menjadi salah satu masjid yang tertua di Yogyakarta.

Masjid yang sudah dibangun sejak 1640 silam ini memiliki bentuk yang sangat unik dan sangat berbeda dengan bangunan masjid pada umumnya.

Selain gapura yang terdapat di bagian depan, keunikan masjid ini juga terlihat pada bangunan masjidnya yang berbentuk seperti rumah joglo.

5. Masjid Gedhe Kauman




Salat id berjamaah yang biasanya diikuti oleh ribuan umat muslim di alun-alun utara Keraton Yogyakarta, kini ditiadakan untuk menghindari kerumunan.

Sebagai gantinya, masyarakat sekitar alun-alun utara melaksanakan salat id di sembilan titik lokasi, baik masjid, mushala, maupun halaman rumah warga, dan sekolah. Itu pun dalam jumlah yang terbatas. Bahkan, Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta yang selama bertahun-tahun tak digunakan untuk salat id saat hari raya, pada Jumat (31/7), dibuka untuk salat Idul Adha.Suasana Masjid Gedhe Kauman, salah satu wisata rohani di Yogyakarta. (CNN Indonesia/ Sutriyati)

Destinasi wisata rohani di Yogyakarta selanjutnya adalah Masjid Gedhe Kauman.

Masjid Gedhe Kauman sendiri merupakan masjid utama dari kerajaan yang berada di Yogyakarta, yakni Kesultanan Yogyakarta.

Bangunan peribadatan yang didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono pertama ini sangat kental dengan arsitektur khas Jawa.

6. Kampung Nitikan

Destinasi wisata religi Yogyakarta berikutnya adalah Kampung Nitikan, Umbulharjo. Tak hanya bagi penggemar wisata kuliner, namun Kampung Nitikan juga sangat cocok untuk wisata rohani.

Jika selama ini Kampung Nitikan menjadi rujukan wisata kuliner saat bulan puasa, namun nyatanya lokasi ini juga terdapat beberapa makam tokoh ternama.

Sebut saja KH. Ahmad Dahlan, KH. Ibrahim, dan juga Raden Ronggo yang merupakan putra dari pendiri Kerajaan Mataram.

7. Gua Maria Tritis




Gua Maria TritisGua Maria Tritis, salah satu destinasi wisata rohani di Yogyakarta. (Dhiana Puspitasari/Detikcom Traveler)

Yang terakhir adalah Gua Maria Tritis yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Yang menjadikan lokasi ini spesial adalah pembentukan gua yang terjadi secara alami.

Jadi, selain menikmati keindahan gua dengan stalagtitnya, Anda juga bisa memanjatkan doa di lokasi ini.

Itulah 7 destinasi wisata rohani di Yogyakarta yang bisa Anda jadikan referensi saat liburan.

(ahd)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : www.cnnindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER