25.9 C
Jakarta
Wednesday, 26 January 2022

7 Cara Atur Pola Makan Tetap Sehat dan Langsing Saat Libur Nataru

Jakarta, CNN Indonesia —

LiburĀ Natal dan Tahun Baru (Nataru) selalu menjadi momen menyenangkan berkumpul dengan keluarga dan orang-orang terkasih. Tak lupa berbagai jenis makanan enak juga hadir sebagai pelengkap acara kumpul keluarga yang menambah kehangatan akhir tahun.

Meski demikian, makanan enak dan liburan yang menyenangkan ini bisa jadi bencana jika tidak dikontrol karena membuat berat badan naik drastis. Tak cuma itu, tak kontrol asupan makanan juga meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit karena makan berlebihan.

Sebuah penelitian dari British Nutrition Foundation menunjukkan kalori ekstra yang dikonsumsi selama hari raya dapat meningkatkan berat badan rata-rata sekitar 1 kilogram.

Oleh karena itu penting tetap menjaga diri dan mengontrol asupan makanan selama perayaan libur natal dan tahun baru.

Pakar Gizi Qonita Rachmah membagikan tips cara mudah mengatur pola makan agar tetap sehat dan tidak menambah berat badan selama libur natal dan tahun baru.

1. Makan teratur sesuai jadwal

Tetap menjalankan jadwal harian makan Anda adalah hal yang harus dilakukan saat libur natal dan tahun baru. Sebuah penelitian menyebutkan orang yang melewatkan sarapan cenderung mengalami over-eating saat makan siang. Over-eating diartikan sebagai konsumsi makanan melebihi 40 persen dari angka kecukupan energi.

“Gunakan anjuran jarak antar makan utama yaitu 4 jam, dan snack di sela-sela jarak antar makan,”kata Qonita dikutip dari siaran pers Lemonilo.

2. Makan buah dan sayur

Buah dan sayuran bisa jadi alternatif cemilan di sela-sela liburan. Anda bisa membuat salad roll dengan berbagai sayuran atau smoothies dan jus buah biasa.

“Selain memiliki energi yang rendah, buah dan sayur kaya serat dan antioksidan yang baik untuk mencegah obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan lain sebagainya,” ujar Qonita.

3. Batasi makanan berdensitas energi tinggi

Makanan berlemak dan makanan atau minuman manis bisa dikatakan sebagai makanan berdensitas tinggi. Energi yang terkandung di dalamnya juga cukup tinggi. Selama natal dan tahun baru, usahakan tidak banyak mengonsumsi jenis makanan ini, termasuk fast food.

“Sebisa mungkin tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan siap saji dan berdensitas energi tinggi agar tidak terjadi peningkatan berat badan,” kata Qonita.

Pilah-pilih camilan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Sumber : www.cnnindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER