30.9 C
Jakarta
Saturday, 22 January 2022

6 Cara Ampuh Usir Kecoak dari Rumah

Jakarta, CNN Indonesia —

Hampir semua orang jijik pada kecoak. Salah satu jenis serangga yang dibenci lantaran sulit disingkirkan dan menjijikan. Saat diusir, kecoa bisa terbang atau merangkak cepat mencari tempat persembunyian yang sulit dijangkau.

Tak cuma itu, kecoak juga bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap, selain itu hewan ini bisa menjadi sumber penyakit karena di dalam tubuhnya terdapat banyak bakteri yang bisa menempel ke manusia. Oleh karena itu saat menemukan kecoak di rumah, Anda harus segera menyingkirkannya.

Dilansir dari Insider, Wakil Presiden Layanan Teknis untuk Pembasmi Hama Scot Hodges mengatakan ada dua kategori kecoak yang hidup di sekitar manusia. Pertama, kecoak domestik yang memang hidup berdampingan dengan manusia, dan yang lainnya disebut kecoak peridomestik yang kerap bermigrasi ke rumah saat cuaca menjadi dingin.

Meski begitu, keduanya sama-sama menjengkelkan dan harus dibasmi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan dan membasmi kecoak dari rumah Anda.

1. Soda kue

Soda kue yang ada di dapur Anda ternyata bisa menjadi salah satu alat mengusir kecoa. Potong bawang bombay, taburi dengan baking soda. Setelah itu simpan di piring kecil sebagai umpan untuk dimakan kecoa.

Ketika kecoa mengonsumsi bawang bombai yang sudah dicampur dengan baking soda atau soda kue, gas akan tercipta di perutnya hingga menyebabkan perutnya pecah dan mati.

2. Boraks

Dilansir dari Smiths pest management, Anda cukup menggabungkan boraks dan gula pasir. Simpan di lokasi yang biasanya didatangi kecoa. Ketika dikonsumsi, borak akan membuat kecoa dehidrasi dan mati dengan cepat.

3. Jeruk

Jeruk yang biasa dikonsumsi manusia justru bisa mengusir kecoa. Serangga ini tidak suka dengan aroma jeruk. Cukup meneteskan beberapa minyak jeruk ke air untuk mengepel lantai. Aromanya tidak akan terdeteksi oleh manusia, tetapi akan membuat kecoak berlarian.

4. Minyak Atsiri

Minyak atsiri adalah pembasmi kecoa alami. Untuk hasil terbaik, beli minyak esensial peppermint atau serai dan campur dengan sedikit air. Semprotkan campuran tersebut ke tempat kecoak biasanya muncul. 

5. Daun salam

Hancurkan beberapa lembar daun salam dan taburkan di lemari atau di tempat yang sering didatangi kecoak. Anda juga bisa merebus beberapa daun dan menyemprotkan air ke sudut yang terinfeksi.

6. Bersihkan cucian piring

Kecoa memang suka tempat yang kotor dan berantakan, terutama akibat sisa makanan di tempat cuci piring. Seringlah membersihkan piring bekas makan dan buang semua sisa makanan.

(tst/chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : www.cnnindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER