25.9 C
Jakarta
Wednesday, 26 January 2022

6 Aktivitas yang Bikin Panjang Umur

Jakarta, CNN Indonesia —

Berumur panjang menjadi salah satu doa dan keinginan yang didambakan banyak orang. Untuk menikmati setiap momen sepenuhnya, lakukan apa yang diinginkan sampai akhir waktu, serta menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang yang dicintai.

Berikut enam aktivitas yang bikin panjang umur.

Tidak dimungkiri bahwa semakin sehat Anda, semakin lama Anda mungkin akan hidup. Saat tubuh sehat, peluang untuk menderita penyakit kronis dan penyakit terkait usia akan berkurang dan Anda dapat menjalani hidup sepenuhnya.

Ada banyak sekali diet dan rutinitas olahraga yang diyakini orang dapat meningkatkan umur panjang mereka. Namun berikut adalah sejumlah aktivitas yang bikin umur panjang.

1. Menghabiskan waktu di gunung

Luangkan waktu sejenak dari rutinitas sibuk Anda dan habiskan waktu di gunung.

Sebagaimana dilansir Times of India, Studi menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan waktu di ketinggian yang lebih tinggi hidup lebih lama dibandingkan dengan orang lain.

Pendaki gunung disebut memiliki risiko serangan jantung yang rendah dan jarang mengalami masalah jantung. Keindahan pemandangan, udara bersih, dan air tawar disebut menambah tahun hidup.

Selain itu, tinggal di pegunungan juga berarti lebih banyak aktivitas fisik yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

2. Bersosialisasi

Sekalipun Anda adalah seorang yang introvert, tetapi bersosialisasi sesekali tidak ada salahnya sama sekali.

Faktanya, ini membantu Anda tetap sehat, bahagia, dan bugar. Menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih dapat membuat pikiran Anda tetap aktif dan juga menginspirasi stimulasi kognitif.

Orang-orang ini berisiko lebih rendah terkena kondisi kronis dibandingkan dengan mereka yang suka menghabiskan lebih banyak waktu sendirian atau suka menyendiri. Jadi, pergilah, buat rencana dan nikmati hidup Anda.

3. Mendapatkan keintiman

Frekuensi orgasme dan umur Anda disebut saling terkait satu sama lain.

. Itu berarti semakin Anda mencapai klimaks, semakin besar peluang Anda untuk berumur panjang. Apakah Anda orgasme sendiri atau dengan pasangan, keduanya sama-sama bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Tidak hanya itu, bermesraan atau masturbasi bahkan baik untuk kesehatan mental. Ini dapat mengurangi tingkat stres dan membuat Anda tetap bahagia.

4. Lebih banyak tertawa

Ekspresi tegas dan serius di wajah Anda mungkin membantu menyelesaikan pekerjaan Anda, tetapi jika Anda ingin berumur panjang, cobalah untuk lebih banyak tertawa.

Tertawa mengurangi tingkat stres, yang pada akhirnya menurunkan jumlah kortisol dan risiko mengembangkan penyakit kronis. Kortisol meningkatkan tekanan darah dan membuat seseorang lebih rentan terhadap masalah jantung. Tertawa mengurangi tekanan darah tinggi dan meningkatkan endorfin.

5. Bersihkan gigi

Menjaga kebersihan mulut Anda juga dapat membantu Anda hidup lebih lama. Studi menunjukkan bahwa membersihkan gigi, khususnya flossing, dapat membantu untuk hidup panjang dan sehat.

Flossing secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Melewatkan ritual penting ini dapat menyebabkan masalah gigi seperti kerusakan gigi, kehilangan gigi, dan juga dapat menyebabkan penyakit kronis lainnya.

6. Belanja

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health, mereka yang lebih sering berbelanja memiliki risiko kematian yang lebih rendah sekitar 25 persen.

Namun, ini hanya berfungsi ketika Anda pergi ke toko dan membeli barang. Duduk di balik layar dan menggesek kartu Anda tidak memberi Anda manfaat kesehatan yang sama.

(agn)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : www.cnnindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER