25.9 C
Jakarta
Wednesday, 26 January 2022

5 Minuman dan Makanan yang Harus Dihindari saat Flu dan Batuk

Jakarta, CNN Indonesia —

Sejumlah minuman dan makanan sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang flu dan batuk. Makanan ini dapat memperparah kondisi dan memperlambat penyembuhan.

Sebaiknya konsumsi makanan bernutrisi tinggi, banyak minum air putih, dan istirahat yang cukup agar flu dan batuk mereda. Konsumsi obat-obatan juga bisa dilakukan untuk meringankan gejala flu dan batuk.

Berikut minuman dan makanan yang harus dihindari saat flu dan batuk:

1. Alkohol

Konsumsi minuman maupun makanan yang mengandung alkohol dapat menurunkan sistem imunitas tubuh. Kondisi ini membuat tubuh kesulitan dalam melawan virus penyebab flu sehingga penyembuhan pun berlangsung lebih lama.

Selain itu, dikutip dari Healthline, alkohol juga menyebabkan dehidrasi yang memperparah kondisi flu. Saat sedang sakit butuh asupan air yang cukup untuk menjaga kondisi tetap berenergi.

2. Makanan bertekstur keras atau kasar




Salah satu makanan yang harus dihindari saat sedang flu dan batuk adalah makanan yang bertekstur. (Foto: Istockphoto/FotoSpeedy)

Makanan dengan tekstur yang keras dan kasar seperti kerupuk, keripik, dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Kondisi ini dapat memperparah batuk. Sebaiknya, makan makanan yang lunak agar mudah dicerna.

3. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji merupakan makanan yang sudah melewati proses pengolahan yang tinggi sehingga memiliki kandungan nutrisi yang rendah. Makanan ini dapat melemahkan sistem imunitas tubuh dan memperlambat penyembuhan flu.

4. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng mengandung minyak yang tinggi. Kandungan ini dapat memperparah peradangan di tenggorokan yang menyebabkan batuk.

5. Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda dapat memicu dehidrasi. Selain itu, minuman ini juga dapat mengandung gula yang bisa menyebabkan iritasi semakin parah.

Itulah 5 makanan dan minuman yang harus dihindari saat flu dan batuk.

(ptj)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : www.cnnindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER