30.9 C
Jakarta
Saturday, 22 January 2022

5 Makanan yang Bikin Batuk Tambah Parah

Jakarta, CNN Indonesia —

Saat terserang batuk, sebagian orang akan mencari cara mengatasi, termasuk konsumsi makanan yang meredakan gejala. Namun bagaimana dengan yang tidak dianjurkan? Berikut makanan yang bikin batuk tambah parah.

Selama musim hujan, risiko batuk dan pilek lebih tinggi karena sistem kekebalan yang melemah. Kondisi ini semakin mengkhawatirkan, apalagi dengan kemunculan Covid-19 varian Omicron yang memiliki gejala serupa.

Namun, tahukah Anda bahwa diet Anda mungkin juga berperan dalam memperburuk kondisi Anda? Berikut makanan yang bikin batuk tambah parah.

1. Gula

Konsumsi gula atau makanan manis telah dipastikan memperburuk batuk Anda.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Immunology pada tahun 2017, peningkatan asupan gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh, terutama saat melawan infeksi virus.

Sebagaimana dilansir First Post, ini juga berlaku untuk flu biasa atau selesma, jadi pastikan Anda menjauhi makanan penutup untuk menghindari kondisi tambah parah.

2. Alkohol

Konsumsi alkohol, menurut sebuah penelitian dalam jurnal Alcohol pada tahun 2007, dikaitkan dengan peningkatan peradangan paru-paru dan bronkial.

Alkohol juga menekan sel darah putih dalam darah Anda, yang Anda butuhkan untuk melawan flu. Terlebih lagi, alkohol membuat Anda dehidrasi. Padahal, yang paling Anda butuhkan saat pilek dan batuk adalah peningkatan asupan cairan.

3. Minuman berkafein

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak cairan untuk membuat Anda tetap terhidrasi saat Anda pilek dan batuk.

Kopi, teh, dan minuman berkafein bertindak sebagai diuretik, yaitu meningkatkan pengeluaran air dan garam dari tubuh Anda.

Jadi jelas, meminum tiga-empat cangkir cappuccino atau latte secara teratur bukanlah ide yang baik ketika Anda sedang pilek dan batuk.

4. Susu

Meskipun Anda mungkin telah mendengar segala sesuatu yang baik tentang produk susu, ada kemungkinan bahwa susu memperparah batuk Anda. Menurut laporan, susu dapat menyebabkan tubuh Anda memproduksi lebih banyak dahak.

Namun, penelitian telah menemukan bahwa susu, alih-alih menghasilkan lebih banyak dahak di dalam tubuh, susu justru membuat lendir yang ada menjadi lebih kental dan lebih sulit untuk dihilangkan.

Bagaimana pun, yang terbaik adalah menghindari susu karena ini merupakan salah makanan yang bikin batuk tambah parah.

5. Makanan pedas

Anda pasti pernah mendengar bahwa makan pedas saat batuk dan pilek sangat bagus karena mengencerkan lendir dan lebih mudah dikeluarkan. Ini benar, dan terlebih lagi, capsaicin dalam cabai juga memiliki efek desensitisasi dan membantu mengelola peradangan.

Namun, seperti yang diungkapkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Critical Review in Food Science and Nutrition pada tahun 2016, capsaicin juga merangsang produksi lebih banyak dahak.

Makan kuah pedas itu mungkin meredakan gejala Anda selama beberapa menit, tetapi itu akan memperburuk keadaan dalam jangka panjang dan menunda pemulihan Anda.

Setelah mengetahui makanan yang bikin batuk tambah parah, segera periksa ke dokter jika Anda sedang batuk dan kondisi belum membaik.

(agn)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : www.cnnindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER