30.9 C
Jakarta
Saturday, 22 January 2022

5 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk saat Musim Hujan

Jakarta, CNN Indonesia —

Musim hujan membuat genangan muncul di mana-mana. Alhasil, nyamuk banyak berkembang biak termasuk nyamuk demam berdarah dengue dan malaria.

Data Kementerian Kesehatan hingga Oktober 2021 mencatat mencatat 37.646 kasus demam berdarah terjadi di Indonesia. Di musim hujan, jumlah ini diperkirakan bakal mengalami peningkatan.

Anda bisa melakukan sejumlah cara mencegah gigitan nyamuk saat musim hujan:

1. Kemangi

Dilansir dari Times of India, kemangi bisa mengusir nyamuk. Anda bisa menanam daun kemangi di rumah atau meletakkan beberapa daun kemangi di rumah.

Minyak daun kemangi yang sudah diekstrak juga efektif menangkal gigitan nyamuk.

2. Peppermint

Peppermint terkenal dengan rasa dan aroma yang segar. Minyak yang diekstrak dari daun peppermint juga dapat mencegah gigitan nyamuk. Oleskan minyak ini ke beberapa area tubuh agar nyamuk tak mendekat.

3. Serai

Aroma serai juga dapat mencegah nyamuk. Anda juga bisa menggunakan minyak yang sudah diekstrak dari serai.

4. Bawang putih

Nyamuk juga tak suka dengan aroma bawang putih. Anda bisa mengonsumsi bawang putih atau menempatkannya di rumah agar nyamuk tidak menggigit.

5. Kenakan pakaian terang

Studi menunjukkan nyamuk cenderung lebih senang mendekat pada sesuatu yang cenderung berwarna gelap. Oleh karena itu, gunakanlah pakaian terang untuk mencegah gigitan nyamuk. Jika keluar rumah, gunakan pakaian yang tertutup untuk mengurangi risiko gigitan nyamuk.

Selain itu, nyamuk lebih aktif di di pagi dan sore hari. Anda bisa membatasi kegiatan di waktu-waktu ini untuk mencegah gigitan nyamuk

Itulah cara mencegah gigitan nyamuk saat musim hujan.

(tst/ptj)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : www.cnnindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER