26.7 C
Jakarta
Wednesday, 26 January 2022

5 Cara Memberantas Sarang Nyamuk Demam Berdarah di Rumah

Jakarta, CNN Indonesia

Demam berdarah dengue (DBD) menjadi ancaman di tengah pandemi Covid-19. Apalagi saat musim hujan, sarang nyamuk penyebab demam berdarah seperti Aedes aegepti pun semakin merajalela.

Untuk melindungi diri dan keluarga, Anda bisa melakukan sejumlah cara memberantas sarang nyamuk demam berdarah. Langkah ini dapat membunuh nyamuk dan membuat lingkungan rumah bebas dari demam berdarah.

Berikut cara memberantas sarang nyamuk demam berdarah:

1. Menguras penampungan air

Nyamuk bertelur di tempat penampungan air. Oleh karena itu selalu kuras penampungan air seperti bak mandi, kendi, toren air, drum, dan sebaginya. Pastikan Anda menggosok setiap bagian agar telur nyamuk mati.

2. Menutup penampungan air

Tutup rapat tempat penampungan air agar tak ada nyamuk yang masuk. Pastikan bak mandi dan tempat penampungan air lainnya ditutup setelah digunakan. Kementerian Kesehatan merekomendasikan untuk memberikan larvasida pada penampungan air.

3. Membersihkan genangan air

Pastikan Anda membersihkan genangan air di sekitar rumah. Periksa pot, ban, atau wadah lainnya yang menyimpan air. Buang air dan keringkan wadah tersebut agar nyamuk tak berkembang biak.

4. Pakaian kotor

Pakaian kotor kerap menjadi tempat nyamuk bersembunyi. Hindari kebiasaan menggantung pakaian kotor. Sebaiknya, letakkan pakaian kotor di wadah tertutup.

5. Barang-barang tak terpakai

Periksa kembali barang-barang yang menumpuk dan sudah tidak terpakai. Benda-benda yang tak terawat menjadi salah satu tempat nyamuk berada Oleh karena itu, sebaiknya terapkan prinsip daur ulang dan buang limbah dengan benar.

Itulah cara memberantas sarang nyamuk demam berdarah yang bisa Anda lakukan di rumah.

(ptj)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : www.cnnindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER