25.9 C
Jakarta
Wednesday, 26 January 2022

5 Cara Agar Begadang di Malam Tahun Baru Tak Jadi Masalah Kesehatan

Jakarta, CNN Indonesia —

Malam pergantian tahun selalu menjadi perayaan yang menyenangkan. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di malam tahun baru, mulai dari menonton film sepanjang malam, pesta kembang api, barbeku, dan atau sekadar berkumpul bersama keluarga, teman atau orang terkasih.

Perayaan pergantian tahun ini sering kali membuat orang begadang hingga dini hari. Dikutip dari Medical News Today, begadang atau tidak tidur enam jam di malam hari bisa memengaruhi tubuh termasuk memberikan efek buruk pada sistem kekebalan tubuh dan fungsi otak.

Namun, Anda bisa melakukan sejumlah cara agar begadang di malam tahun baru tak jadi masalah kesehatan.

1. Tidur siang

Anda bisa tidur siang pada hari sebelum begadang atau setelah begadang. Misalnya, di tanggal 1 Januari. Pastikan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.

2. Batasi jam begadang

Jangan begadang hingga dini hari. Jika sudah melewati malam pergantian tahun, hentikan euforia dan mulailah untuk tidur demi menjaga tubuh tetap bugar keesokan harinya. Orang dewasa disarankan untuk tidur 7-9 jam setiap malam.

3. Jangan tidur lebih dari 9 jam

Sleep Better menyarankan untuk tidak tidur sepanjang hari pada tanggal 1 Januari. Jika sudah memenuhi waktu tidur 7-9 jam segera bangun dan beraktivitas. Jika tidur lebih lama, hal ini bisa mengganggu tidur di malam hari.

4. Saatnya secangkir kopi

Kafein bisa membantu menjalani hari. Anda bisa menikmati kopi pagi hari. Hindari minum kopi di sore hari agar Anda tetap tidak terganggu kafein di jam tidur malam.

5. Tidur lebih awal di hari tahun baru

Tidurlah satu jam lebih awal saat malam hari di tanggal 1 Januari. Ini juga bisa membuat tubuh kembali bugar untuk bekerja di 2 Januari.

Itulah sejumlah cara yang bisa dilakukan agar begadang di malam tahun baru tak jadi masalah kesehatan.

(tst/ptj)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : www.cnnindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER