25.9 C
Jakarta
Wednesday, 26 January 2022

5 Aktivitas yang Membantu Anda untuk Buang Air Besar

Jakarta, CNN Indonesia —

Setiap orang disarankan untuk buang air besar (BAB) secara rutin setiap hari. Namun, ada kalanya seseorang mengalami konstipasi atau kesulitan buang air besar. Jika itu terjadi, Anda bisa melakukan sejumlah aktivitas yang membantu buang air besar.

Aktivitas yang membantu buang air besar ini merupakan kegiatan yang bisa dilakukan untuk merangsang gerakan atau kontraksi di sistem pencernaan. Kontraksi otot tersebut membuat kotoran bergerak keluar lebih cepat.

Berikut aktivitas yang bisa membantu untuk buang air besar.

1. Yoga

Gerakan yoga dapat membantu merangsang gerakan di usus. Anda bisa mencoba gerakan wind-relieving pose. Seperti namanya, gerakan ini juga membantu mengeluarkan angin atau gas dalam perut.

2. Makan bawang putih




Makan bawang putih dapat membantu buang air besar. (Foto: Pixabay/condesign)

Dikutip dari US News, bawang putih mengandung fruktan yakni molekul yang dapat memicu gerakan di sistem pencernaan bawah dan membuat seseorang lebih mudah buang air besar.

3. Berjalan

Dikutip dari Web MD, Studi menunjukkan berjalan 10-15 menit beberapa kali dalam sehari membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik dalam memproses makanan. Kotoran sisa makanan pun akan lebih cepat sampai ke bawah dan siap dibuang.

Selain itu, olahraga secara rutin juga dapat memperlancar sistem pencernaan.

4. Makan buah dan sayur tinggi serat

Konsumsi makanan tinggi serat yang banyak terdapat di buah dan sayur misalnya pepaya. Serat membantu sistem pencernaan lebih mudah dalam mencerna karbohidrat, protein, dan lemak dari makanan.

5. Minum fermentasi

Selain buah sayur, minuman fermentasi seperti yogurt mengandung prebiotik yang tinggi. Kandungan ini baik untuk bakteri di dalam usus sehingga dapat memproses makanan dengan lebih cepat.

Itulah aktivitas yang membantu Anda untuk buang air besar.

(ptj)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : www.cnnindonesia.com

Related Articles

TERPOPULER